Rejeki di Kantor Tidak Melulu Tentang Gaji Tinggi

Saat sedang ngobrol santai dengan teman-teman, saya sering mendengar keluhan mengenai gaji. Wajar sih, karena sebagai pegawai, gaji adalah segala-galanya. Untuk apa kita kerja? Ya untuk dapat gaji.

Padahal jika dilihat dalam sudut pandang yang lebih luas, bekerja di sebuah perusahaan tidak sekedar mengenai gaji yang diterima setiap bulan. Berbahagialah jika kamu bekerja tidak hanya sekedar demi gaji bulanan, sebab dengan bekerja kamu dapat meningkatkan skill, punya kemampuan lain di luar jobdesk harian, melatih kesabaran (saat menghadapi boss dan rekan kerja yang kadang menyebalkan, dan yang pasti punya banyak pengalaman yang lebih dari sekedar materi.

Faktanya, banyak orang bergaji tinggi tetapi tidak bahagia dengan pekerjaannya. Ada juga pegawai dengan gaji biasa saja tapi kelihatan happy banget dan hidupnya berkecukupan. Jika menakar-nakar rejeki yang di dapat di kantor, rasanya memang kurang bijak jika hanya diukur dari nominal gaji. Memang sih.. gaji besar adalah impian banyak orang. Namun jika kamu merasa gaji yang diterima saat ini masih di angka kecil sementara teman-temanmu lebih besar nominalnya, jangan sedih! Bukan berarti Tuhan tidak sayang padamu dan pelit rejeki. Sebab ada rejeki-rejeki lain di luar gaji yang harus kamu syukuri setiap hari.

Lingkungan Kantor yang Menyenangkan

Coba lihat lingkungan perusahaan atau kantormu saat ini. Jika ruanganmu sejuk, nyaman, gampang menemukan tempat makan dan jauh dari daerah kriminal dan daerah kumuh, maka bersykurlah kamu. Di luar sana, ada banyak orang yang harus kepanasan karena ruang kerjanya tidak ber-AC bahkan pengap tanpa sirkulasi udara yang bagus.

Jika kamu masih bisa memakai headset sambil mendengarkan lagu-lagu dari PC atau smartphone-mu, itu juga rejeki. Sebab ada banyaaak perusahaan yang melarang pegawainya memutar lagu bahkan dengan memakai headset milik sendiri. Dan lebih rejeki lagi jika perusahaan tempatmu bekerja sekarang mengizinkan pegawai untuk menikmati fasilitas internet untuk nonton Youtube dan sebagainya saat jam istirahat.

Teman Kantor yang Asyik

Teman-teman kantormu masih muda, berjiwa kreatif dan anti nyinyir? Wah ini rejeki super duper yang harus kamu syukuri. Ada pepatah mengatakan kamu akan menjadi seperti orang-orang yang sering kamu jumpai. Karena mereka-mereka ini akan menjadi bagian dari hidupmu setiap hari, maka sikap dan pola pikir mereka akan menentukan kebahagiaanmu.

Saya pernah bekerja di kantor yang pegawainya sudah bapak-bapak dan ibu-ibu, yang boleh dibilang pemikirannya kurang asyik untuk pegawai muda seperti saya. Belum lagi mereka hobi bergosip yang bikin jengah. Atau iri-irian karena ada pegawai yang baru beli tas yang lumayan mahal. Begitu saya pindah ke perusahaan kreatif dengan teman-teman kantor seumuran, saya jauuuuh.. lebih bahagia. Makanya.. teman kantor yang asyik dan bikin bahagia adalah rejeki yang luar biasa.

Transparansi Gaji dan Pencatatan Payroll yang Rapi

Gajimu saat ini mungkin baru sedikit di atas UMK, tetapi jika pencatatannya rapi, itu adalah rejeki. Sebab ada banyak pegawai di luar sana yang tidak tahu berapa gaji pokoknya, berapa potongan pajak, BPJS Kesehatan dan lain sebagainya. Bahkan meminta slip gaji untuk mengajukan kredit sepeda motor ke HRD susahnya luar biasa. Maka bersyukurlah jika kamu saat ini bekerja di perusahaan yang sudah memakai software pencatatan payroll yang rapi.

Dengan transparansi gaji yang diberikan, kamu bisa memiliki catatan sendiri pada perolehan gaji, uang bonus, THR dan sebagainya. Maka kamu tidak akan menduga-duga kemana ‘hilangnya’ gaji setiap bulan karena ada potongan-potongan yang memang harus dilakukan setiap perusahaan.

Atasan yang Baik dan Loyal

Punya atasan yang baik adalah doa kedua para pegawai setelah gaji tinggi. Boleh jadi gajimu susah naik karena management atas punya banyak pertimbangan, namun jika atasanmu langsung adalah orang yang baik, loyal dan siap mendengar segala curhat yang berhubungan dengan pekerjaan, maka bersyukurlah kamu. Atasan tipe jenis ini sangat jarang ada. Sebab banyak atasan tipe boss yang arogan dan tidak mau tahu yang penting pekerjaan bawahan beres.

Boleh jadi atasanmu ini belum bisa memastikan kapan gaji kamu akan naik, namun dia bisa menjanjikan bahwa kamu bisa menceritakan keluh kesah apapun yang berhubungan dengan jobdesk dan management perusahaan. Ya.. walaupun belum ada kepastian soal gaji, setidaknya hatimu tenang karena ada atasan yang peduli dengan problem yang terjadi di area kantor.

Bisa Menikmati Hobi/Kebahagiaan di Luar Kantor

Walau gaji pas-pasan, tetapi kamu masih ada waktu untuk nonton K-Drama, atau kamu masih punya waktu untuk bereksperimen dengan masak-memasak yang jadi hobimu. Kamu juga masih ada waktu untuk kumpul-kumpul dengan keluarga dan sahabat tanpa diganggu telepon dari boss soal deadline pekerjaan. Kamu masih punya waktu di luar kantor untuk bersenang-senang dan menikmati hidup walaupun sederhana dan harus berhemat.

Janganlah iri dengan foto Instagram teman-temanmu yang sedang berlibur ke negara lain atau memajang barang-barang branded. Sebab ada banyak orang yang tidak bisa menikmati jam-jam bebasnya walaupun sedang mengambil cuti liburan. Ada.. saja telepon atau WA dari boss yang mengganggu ketentraman jiwa raga. Maka jika kamu masih menemukan banyak kebahagiaan walau sederhana di luar jam kantor, berbahagialah. Sebab hidup tak hanya untuk mengejar gaji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *